Kamis, 16 September 2010

Lebaran Tahun Ini

Lebaran tahun ini saya ke Surabaya. Saya ke Surabaya pada tanggal 11 September bersama nenek,kakek,ayah,adik, dan ibu. Saya ke Bandara pada pukul 09.00 dan take off pada pukul 12.00.
Kami tiba di Surabaya pada pukul 13.10, perjalanan yang ditempuh selama 1 jam 10 menit. Setelah dari bandara kami langsung ke hotel. Di hotel kami memberaskan barang-barang. Setelah selesai memberaskan barang kami segera ke rumah buyut saya di perumahan Graha Tirta. Ya, buyut saya masih ada dan berumur 89 tahun. Selama lebaran pasti rumah buyut saya  banyak dikunjungi oleh sanak keluarga. Setelah dari rumah buyut, kami segera mencari makan malam. Setelah kenyang kami segera ke hotel untuk istirahat.
Di hari pertama, kami menghabiskan waktu untuk berziarah ke makam-makam sanak saudara kami. Pertama kami ke makam buyut dan paman di Surabaya. Setelah berziarah di Surabaya, kami segera ke Madura. Kakek saya adalah orang Madura, sebenarnya di Madura tidak ada sanak saudara tapi disana ada makam keluarga kakek saya. Selesai berziarah, kami segera mencari makan siang, setelah puas makan. Kami langsung kembali ke hotel untuk beristirahat.
Di hari kedua, kami pergi ke Malang. Kami ke malang bersama saudara-saudara kami, perjalanan ke Malang di tempuh dalam waktu lebih dari 2 jam, padahal Surabaya-Malang sama saja dengan Jakarta-Bogor. Tetapi karena macet yang luar biasa perjalanan yang seharusnya bisa ditempuh hanya dalam 1 jam menjadi 2 jam karena macet. Ditengah perjalanan kami mampir dulu di Depot HTS, ini seperti tempat pembelian oleh-oleh khas Malang. Setelah puas membeli oleh-oleh, kami melanjutkan perjalanan. Kita sampai di Malang pada pukul 15.15. Kami segera keliling Malang untuk mencari makan, akhirnya kami makan cwi mie, cwi mie adalah makanan mie khas Malang. Walaupun panas, saya tetap lahap untuk makan karena lapar. Setelah kenyang makan, kami segera ke masjid untuk beribadah. Di dekat masjid ada café yang sudah berdiri sejak jajahan Belanda, Café tersebut bernama “Toko Oen” disana masih sangat terlihat bangunan yang kuno, bahkan menunya saja menggunakan 2 bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Belanda. Karena capek kami tidak berlama-lama di café, kami segera pulang. Perjalanan pulang ternyata lebih lama daripada yang saya kira, jalanan sangat macet dan banyak sekali sepeda motor, setelah 3 jam lebih akhirnya kami sampai di hotel dan langsung beristirahat.
Di hari ketiga saya, ayah, dan kakek hanya menghabiskan waktu di hotel sementara nenek, ibu, dan adik saya pergi ke pasar untuk mencari oleh-oleh. Di sore harinya kami dikunjungi oleh sanak keluarga, setelah mengobrol kami, mereka dan nenek, ibu ikut pergi untuk mengunjungi sanak keluarga yang lain. Dan saya,ayah,adik, dan kakek tinggal di hotel. Akhirnya ibu saya dan yang lainnya membawa makanan. Setelah kenyang, saudara kami segera pulang dan kami pun beristirahat.
Di hari keempat, kami hanya berberes-beres karena hari ini kami akan pulang. Pada jam 11.00 kami check out dari hotel dan segera ke rumah buyut untuk berpamitan dan akhirnya kami take off  kembali ke Jakarta.
Disini ada beberapa foto selama saya berada di  Surabaya :

Ini adalah salah satu pemandangan di Jembatan Suramadu

dan yang terakhir, keluarga saya